welcome to my blog

Rabu, 03 April 2013

CONTOH FORMAT LAPORAN OBSERVASI





LAPORAN

Disusun sebagai salah satu tugas observasi
Manajemen Berbasis Sekolah
Tahun 2012


Disusun Oleh :

ALLIFFIANA FATIMAH
( 12.1.01.10.0161 )




LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN OBSERVASI
UPAYA – UPAYA MENINGKATKAN LULUSAN
DI SDN SINGKALANYAR II

Nama Mahasiswa                                : ALLIFFIANA FATIMAH
NPM                                                   : 12.1.01.10.0161
Program Studi                                     :  PGSD
Tempat observasi                                : SDN SINGKALANYAR II
Tempat dan Tanggal Pelaksanaan       :
1.         SDN SINGKALANYAR II
Hari     : Kamis, 20 Desember 2012
Pukul   : 07.00 WIB sampai 11.00 WIB        



Kediri , 20 Desember 2012
Menyetujui
Dosen Pembimbing,




Prof. Dr. H. Sugiono, M. M.
NIP. 195704141986031016


Mahasiswa,




ALLIFFIANA FATIMAH
NPM. 12.1.01.10.0161








KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi rahmat,taufik serta hidayahnya kepada kami sehingga penulisan laporan observasi ini dapat berlangsung dengan lancar. Penulis selesaikan untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Berbasis Sekolah. Semoga laporan ini memenuhi syarat seperti yang diharapkan.
Dalam hal ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1.  Bapak Drs.H. Samari, S.E., M.M. selaku Rektor Univ. Nusantara PGRI Kediri
2.      Bapak Dr. Sulistiono, M.Si. selaku Dekan FKIP Univ. Nusantara PGRI Kediri
3.      Ibu Endang Sri Mujiwati, M.Pd . selaku Kaprodi PGSD
4.      Bapak Prof. Dr. H. Sugiono, M. M selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan bimbingan selama penyusunan laporan.
5.      Bapak Suharno, S.Pd selaku kepala sekolah SDN Singkalanyar II yang telah memberikan izin dan fasilitas sekolah selama penulis melakukan observasi
6.  Para guru dan siswa siswi SDN Singkalanyar II yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan observasi.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini, oleh karena itu demi kesempurnaannya kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan untuk masa mendatang.

Kediri, 20 Desember 2012
Penulis,

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.............................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................... ii
KATAPENGANTAR............................................................................. iii
DAFTAR ISI.......................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN
a. Latar belakang..................................................................................... 1
b. Perumusan Masalah............................................................................. 2
c. Tujuan observasi.................................................................................. 2
d. Manfaat observasi............................................................................... 2
BAB II PELAKSANAAN OBSERVASI
a. Lokasi dan waktu observasi................................................................ 3
b. Subjek observasi.................................................................................. 3
c. Variabel observasi................................................................................ 4
d. Teknik pengumpulan data................................................................... 4
BAB III HASIL OBSERVASI
a. Wawancara dengan Kepala Sekolah................................................... 5
b. Visi dan misi SDN Singkalanyar II …………………………………6
BAB IV PENUTUP
Kesimpulan.............................................................................................. 7
Saran........................................................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA............................................................................. 9
LAMPIRAN – LAMPIRAN
a.       Lampiran 1
b.      Lampiran 2
c.       Lampiran 3
d.      Lampiran 4
BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Berbagai upaya telah banyak dilakukan dalam upaya meningkatkan mutu lulusan yang dihasilkan oleh suatu lembaga pendidikan. Sebagian pihak percaya bahwa peningkatan mutu lulusan harus dilakukan dengan meningkatkan berbagai sarana dan pasarana pendukung kegiatan pendidikan, namun dipihak lain berpendapat pula bahwa peningkatan mutu pendidikan harus dilakukan dengan meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru. Kedua pendapat ini merupakan salah sebagian saja dari banyak pendapat yang dilontarkan oleh para ahli, pengamat dan praktisi pendidikan. Hal ini tergantung bagaimana para ahli, pengamat, dan praktisi tersebut menetapkan sudut pandangnya.
Para professional pendidikan sekarang ini kurang memiliki pengetahuan atau pengalaman yang diperlukan untuk menyiapkan para siswanya memasuki pasar kerja global. Tradisi rupanya menghalangi proses pendidikan untuk melakukan perubahan yang diperlukan agar programnya sesuai dengan kebutuhan siswa. Petugas yang profesional adalah petugas yang memiliki keahlian, tanggung jawab, dan rasa kesejawatan yang didukung oleh etika profesi yanng kuat.Akan tetapi, fakta menunjukkan bahwa kelulusan siswa sekolah dasar belum mempunyai target nilai yang tinggi atau yang baik . Oleh karena itu, dalam penulisan laporan ini penulis akan membahas tentang “Upaya – upaya meningkatkan mutu lulusan di SDN Singkalanyar II”


B.     PERUMUSAN MASALAH
Dalam laporan ini penulis akan membahas beberapa masalah tentang usaha pihak sekolah dalam mewujudkan lulusan yang baik dan maksimal yaitu Bagaimana upaya – upaya meningkatkan lulusan di SDN Singkalanyar II ?
C.    TUJUAN OBSERVASI
Laporan observasi ini disusun selain untuk memenuhi tugas mandiri ada mata kuliah Manajemen Berbasis Sekolah juga memberi wawasan dan pengetahuan baru bagi kami agar kami mengetahui bagaimana upaya – upaya meningkatkan lulusan yang baik dan maksimal di SD.
D.    MANFAAT OBSERVASI
a.       Bagi mahasiswa
1.      Mahasiswa sebagai calon guru memperoleh pengalaman baru tentang observasi dan menambah wawasan terkait dengan Upaya – upaya meningkatkan lulusan peserta didik.
2.      Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana pihak sekolah itu mengupayakan agar lulusan di SD tersebut baik dan maksimal.
b.      Bagi guru
1.      Guru lebih mengetahui tentang bagaimana Upaya meningkatkan lulusan di Sekolah Dasar.
c.       Bagi penulis lain
Makalah ini diharapkan dapat menjadi informasi berharga bagi para penulis guna menciptakan tulisan yang lebih bermanfaat khususnya untuk bidang pendidikan.
BAB II
PELAKSANAAN OBSERVASI

A.    LOKASI DAN WAKTU OBSERVASI
1.      Lokasi Observasi
Dalam observasi ini penulis mengambil lokasi di SDN Singkalanyar II yang berlokasi di Desa Singkalanyar, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk.
2.      Pelaksanaan observasi
Penulis telah melaksanakan observasi selama dua kali dengan hari dan tanggal yang berbeda . Waktu yang digunakan yaitu :
·         Selasa, 18 Desember 2012
1.      Perkenalan dan meminta izin untuk melakukan observasi.
2.      Menyerahkan surat pengantar kepada Kepala Sekolah.
·         Kamis, 20 Desember 2012
1.      Melakukan serangkaian wawancara dengan Kepala Sekolah SDN Singkalanyar II serta melakukan study dokumentasi dengan para guru dan siswa siswi SDN Singkalanyar II.
B.     SUBYEK OBSERVASI
Subyek observasi yang penulis pilih untuk narasumber observasi yaitu Kepala Sekolah SDN Singkalanyar II.

C.    VARIABEL OBSERVASI
Variabel observasi yang menjadi titik tolak penulis adalah Manajemen Berbasis sekolah dengan bertumpu pada Upaya – upaya meningkatkan lulusan di SDN Singkalanyar II.
D.    TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Instrumen pengumpulan data Manajemen Berbasis Sekolah melakukan wawancara yang hanya melibatkan Kepala Sekolah SDN Singkalanyar II.



BAB III
HASIL OBSERVASI
A.    Hasil Wawancara dengan Kepala Sekolah
1.      Bagaimana upaya – upaya pihak sekolah dalam meningkatkan kelulusan di SD Singkalanyar II ?
® Kami melakukannya dengan cara menambah jam efektif, menggunakan metode pembelajaran yang bersifat PAKEM, melatih anak – anak mengerjakan soal – soal dan kami juga menambah tambahan pelajaran misalnya bimbel yang diadakan di sekolah. Tetapi anak – anak juga banyak yang mengikuti Les bimbingan belajar di luar sekolah.
2.      Bagaimana cara mengantisipasi peserta didik terlalu stress memikirkan UNAS ?
® Untuk mengantisipasi hal tersebut kami mempersiapkan mental anak – anak dengan cara mengadakan Try out, melatih soal – soal, serta kami juga memberi pengarahan kepada anak didik agar tidak takut terhadap UNAS dan memberi semangat kepada mereka (Siswa – siswi).
3.      Bagaimana hasil kelulusan tahun kemarin, apakah sudah maksimalkah ?
® Alhamdulillah, untuk kelulusan tahun kemarin, prestasi anak didik kami sangat memuaskan, dan rata – rata mereka memperoleh hasil yang baik dengan kebanyakan rata – rata nya yaitu diatas 7 sampai 8.
4.      Apakah ada motivasi dari luar dan dalam sekolah demi terciptanya lulusan yang baik dan maksimal ?
® Kalau motivasi dari luar sekolah kami memberi pengarahan kepada wali murid untuk selalu memantau kegiatan belajar siswa dirumah serta memberi semangat dan motivasinya agar si anak tidak jenuh untuk mempersiapkan diri menghadapi UNAS. Kalau dari pihak sekolah sendiri memberikan pengarahan dan penjelasan kepada anak didik agar selalu berdo’a dan terus belajar jika ingin sukses di UNAS nanti. Jadi intinya pihak sekolah juga mengajak wali murid untuk bekerja sama memantau kegiatan belajar siswa.

B.     Visi dan Misi SDN Singkalanyar II
a.       Visi SDN Singkalanyar II
“ Berprestasi, Disiplin, Berakhlak mulia didasari IMTAQ “

b.      Misi SDN Singkalanyar II
1.      Melaksanakan manajemen sekolah yang sehat dan dinamis.
2.      Melaksanakan pembelajaran dengan sistem PAKEM.
3.      Meningkatkan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler.
4.      Membudayakan semangat disiplin.
5.      Menerapkan sikap santun dalam kehidupan sehari – hari.
6.      Menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari – hari.



BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Para professional pendidikan sekarang ini kurang memiliki pengetahuan atau pengalaman yang diperlukan untuk menyiapkan para siswanya memasuki pasar kerja global. Tradisi rupanya menghalangi proses pendidikan untuk melakukan perubahan yang diperlukan agar programnya sesuai dengan kebutuhan siswa.
Akan tetapi, fakta menunjukkan bahwa kelulusan siswa sekolah dasar belum mempunyai target nilai yang tinggi atau yang baik .

B.     SARAN
Berdasarkan hasil yang telah dilakukan adapun beberapa saran yang dapat disampaikan adalah sebagai berikut.
a.       Bagi mahasiswa
1)      Mahasiswa sebagai calon guru hendaknya mengetahui bagaimana upaya guru – guru di SD mencetak lulusan yang baik dan maksimal.
2)      Mahasiswa hendaknya memperkaya diri dengan ilmu penetahuan, bukan hanya materi saja tetapi juga hrus mampu memotivasi siswanya nanti agar tidak jenuh dalam belajar.
b.      Bagi Guru
1)      Guru hendaknya harus mengetahui bagaimana upaya mencetak lulusan yang baik dan maksimal.
2)      Guru hendaknya terus memantau kegiatan murid – muridnya, dan terus memotivasi agar terus belajar demi masa depan mereka.


c.       Bagi penulis lain
Penulis lain diharapkan mencari referensi yang lebih relevan sebagai bahan dalam pembuatan makalah guna menciptakan tulisan yang lebih bermanfaat khususnya untuk bidang pendidikan.


Lampiran 1
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini:
            Nama                           : ALLIFFIANA FATIMAH
NPM                           : 12.1.01.10.0161
Menyatakan bahwa:
            Nama                           : SUHARNO, S.Pd
Tempat Mengajar        : SDN Singkalnyar II
Adalah kepala sekolah yang membantu dalam pelaksanaan observasi,  yang merupakan tugas mata kuliah manajemen berbasis sekolah 
Demikian pernyataan ini dibuat digunakan sebagaimana mestinya.



Kepala Sekolah ,

SUHARNO, S.Pd
NIP. 196001011981121013
Kediri, 20 Desember 2012
Yang membuat Pernyataan
Mahasiswa,

ALLIFFIANA FATIMAH
NPM.12.1.01.10.0161

Lampiran 2
SURAT BUKTI OBSERVASI
Yang bertanda tangan di bawah ini kepala SDN Singkalnyar II menerangkan bahwa:
Nama                           : ALLIFFIANA FATIMAH
NPM                           : 12.1.01.10.0161
Semester / Kelas          : satu  / 1A
Jurusan                        : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas                       : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Waktu observasi          : 20 Desember 2012
Yang bersangkutan  benar-benar telah melakukan observasi di SDN Singkalanyar II, Desa Singkalanyar, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk.
Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sebagaimana semestinya.

Kediri, 20 Desember 2012
Kepala Sekolah,

SUHARNO, S.Pd
NIP. 196001011981121013

3 komentar:

  1. Terus Berkarya...

    kalo ada waktu jangan lupa mampir juga di http://emjeahsan.blogspot.com/

    Salam Oret-oret :)

    BalasHapus