welcome to my blog

Rabu, 03 April 2013

Analisis Film Good Will Hunting


Will Hunting, adalah seorang pemuda yang memiliki permasalahan terkait dengan masa lalunya. Dia seorang yatim piatu yang dibesarkan oleh keluarga angkatnya. Hidup dengan keluarga angkatnya dipenuhi dengan penyalahgunaan dan penelantaran. Karena pengalaman ini, mempengaruhi cara Will berinteraksi dengan orang-orang. Sulit baginya untuk mempercayai orang lain karena Will  tidak ingin mengambil risiko terluka lagi.Will bekerja sebagai petugas kebersihan di MIT, Amerika Serikat. Secara diam-diam, dia berhasil memecahkan sebuah soal tantangan Prof.Gerald yang sebetulnya diberikan kepada muridnya.
Kampus menjadi heboh ketika tahu-tahu soal super sulit tersebut berhasil dipecahkan. Namun tidak ada yang tahu siapa orang pintar itu. Hingga akhirnya secara tak sengaja, Prof.Gerald, memergoki Will tengah menyelesaikan soal lain di papan tulis koridor kampus. Will yang kepergok langsung memutuskan berhenti bekerja. Karena masa lalu yang begitu buruk membuat Will menjadi mudah terpacu emosi tetapi belum memasuki tahap brutal. Suatu hari dia pernah memukuli gerombolan yang baru saja mengganggu seorang cewek, Will semakin kesal setelah tahu bahwa gerombolan yang mengganggu cewek tersebut pernah mengganggu dirinya waktu TK. Will harus berurusan dengan polisi karena ia telah mengeroyok seorang polisi yang bertugas melerai pertarungan antara Will dengan gerombolan tersebut, dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya serta harus mengikuti sidang.
Prof. Gerrald masuk ke pengadilan Will dan campur tangan atas namanya, menawarkan pilihan: baik akan bisa pergi ke penjara, atau dia bisa dilepas ke pribadi Lambeau yang pengawasan, dimana dia harus belajar matematika dan melihat seorang psikoterapis. Akan memilih yang terakhir meskipun Will tampaknya percaya bahwa dia tidak perlu terapi. Kegagalan untuk menindaklanjuti dengan tugas-tugas akan menyebabkan dia untuk melayani waktu di penjara. Akan menghadiri sesi terapi tetapi mereka mengakhiri semua dengan terapis menyerah karena kejenakaan. Kemudian, Profesor Gerrald memutuskan untuk memanggil Sean McGuire, teman lamanya dari sekolah yang berasal dari South Boston seperti Will, untuk mencoba dan membuat terobosan.
Sean dan Will akhirnya memulai sisi terapi mereka. Awalnya Will gagal untuk membawa mereka serius. Tetapi dengan ketekunan dan ketulusan Sean, memungkinkan Will untuk terbuka kepadanya. Dalam sesi kemudian Sean menceritakan pengalamannya bagaimana ia bertemu dengan istrinya. Sean bercerita tentang bagaimana ia menyerahkan tiket untuk melihat Red Sox di seri dunia 1975, untuk bertemu dan menghabiskan waktu bersama orang asing di Bar, yang sekarang menjadi istrinya. Akhirnya Will dan Sean menjadi lebih akrab dan Will bersedia menceritakan pengalaman masa lalunya yang kelam.
Sementara itu Prof.Gerrald, mendorong apakah begitu sulit untuk unggul yang pada akhirnya Will menolak untuk pergi wawancara kerja yang telah disiapkan oleh Prof. Gerrald, untuk posisi yang lebi menantang bahkan dengan bakat yang sangat besar. Bahkan, Prof. Gerrald dan Sean juga bertengkar tentang masa depan Will, Will kebetulan menyaksikan argumen ini marah entah bagaimana bertindak sebagai katalis untuk keputusannya untuk memasuki tingkat yang lebih dalam kepercayaan dan berbagi dengan Sean. Dia rupanya menyadari dari peristiwa ini bahwa situasi ini sedikit lebih kompleks dari Will vs Dunia. Dia sekarang melihat bahwa mentor adalah setiap bit sebagai manusia, bisa keliru, dan bertentangan dalam keadaannya. 
Skylar (Cewek yang ditemui Will di Bar Harvard), meminta Will untuk pindah ke California bersamanya, dimana dia harus melanjutkan sekolah kedokteran di Stanford University School of Medicine. Will memikirkan hal tersebut dengan panik. Dia menolak penelitian matematika ia telah lakukan dengan Prof. Gerrald. Sean menunjukkan bahwa Will begitu mahir mengantisipasi kegagalan dimasa depan dalam hubungan interpersonal bahwa ia sengaja menyabotase mereka dalam rangka menghindari resiko rasa sakit emosional. Ketika Will menolak untuk membeikn jawaban yang jujur tentang apa yang ingin ia lakukan untuk hidupnya. Will kemudian memberitahu Chuckie bahwa ia ingin menjadi buruh selama sisa hidupnya. Chuckie menjawab bahwa hal itu akan jadi penghinaan epada teman-temannya untuk Will membuang – buang potensinya, dan bahwa keinginannya adalah bahwa Will harus meninggalkan untuk mengejar sesuatu yang lebih besar. Will terpaksa menerima salah satu tawaran pekerjaan yang ditur oleh Prof. Gerrald.
                    Pada sesi lain terapi, Sean dan Will berbagi bahwa mereka berdua korban penganiayaan anak, dan Sean membantu Will untuk menerima bahwa kekerasan yang ia terima itu bukan salahnya. Setelah membantu Will meyelesaikan masalah itu, Sean mendamaikan dengan Prof. Gerrald dan memutuskan untuk mengambil cuti untuk perjalanan dunia. Ketika teman-teman Will menyajikan dia dengan Nova Chevrolet dibangun kembali untuk ulang tahun ke-21, ia memutuskan untuk menyampaikan penawaran yang menguntungkan pekerjaanya dan pergi ke California untuk menyatukannya dengan Skylar.

Dari sinopsis film diatas saya dapat menyimpulkan hubungan antara konselor (Sean) dengan klien (Will) dapat dilihat dari hubungan Obyektifitas dan subyektifitas. Keseimbangan ini mengacu pada tingkat emosional dan hal-hal yang mempengaruhi intelektual dan elemen emosional. Objektivitas mengacu pada lebih kognitif, scientific dan generiknya suatu hubungan. Di mana klien dianggap sebagai obyek belajar atau sebagai bagian dari penderitaan manusia yang luas. Oleh karena itu, konselor akan memberikan pandangan kepada klien dan nilai-nilai tanpa penilaian pribadi. Arti perilaku konselor untuk klien adalah bahwa mereka merasa konselor menghormati pandangan mereka, tidak memaksakan gagasan-nya pada mereka, dan melihat masalah mereka rasional dan analitis. Mereka ingin konselor untuk terlibat secara emosional dan menjadi pribadi yang bersangkutan tentang mereka.
Elemen subjektif dimaksudkan adalah sikap kehangatan dan psikologis kedekatan serta keterkaitan yang mendalam pada masalah klien. Perilaku ini sering digambarkan sebagai kepedulian. Sebaliknya, beberapa klien menganggap keterlibatan konselor sebagai ancaman, karena mereka adalah “mengirimkan” untuk kontrol atau “mengungkapkan” diri orang lain. Seorang klien melihat konselor, sebagai seorang ibu yang penuh kasih sayang atas kebutuhan klien tersebut. Sifat interaksi emosional tampaknya menjadi variabel kunci yang menentukan kualitas hubungan, atau pertemuan.
Dalam konseling objektivitas dan subjektivitas haruslah harmonis, di mana konselor mengoperasikan dua posisi dan menggabungkan kedua elemen tersebut. Objektivitas diperlukan dalam mendiagnosa, sementara subjektivitas diperlukan dalam membangun suasana/iklim konseling itu sendiri.. (http://itsarbolo.wordpress.com/2012/06/13/hubungan-dalam-konseling-the-relationship-in-counseling )
Masalah yang dihadapi klien (Will) dalam film tersebut adalah bahwa Klien (Will Hunting) adalah seorang yatim piatu yang membuat dia seperti orang luar karena klien belum mengalami hal dalam kehidupan rumah. Hidup dengan keluarga angkatnya dipenuhi dengan penyalahgunaan dan penelantaran. Karena pengalaman ini, itu mempengaruhi cara klien berinteraksi dengan orang-orang. Sulit baginya untuk mempercayai orang lain karena klien  tidak ingin mengambil risiko terluka lagi.
Jenis terapi yang ada dalam film tersebut adalah terapi berlawanan arah, alasannya adalah Will (Klien) menantang Sean (konselor) dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pada Prof. Gerraldd,bahwa Sean mendorong Will untuk mengambil sikap, baik keras, objektif melihat dirinya dan hidupnya. Padahal pemikiran Sean sendiri adalah bahwa ia tidak mampu dan tidak mau bahkan mempertimbangkan hubungan romantis kedua setelah kematian dini istri pertama tercinta dari kanker beberapa tahun sebelumnya. Ini mungkin menjadi alasan utama mengapa Sean setuju untuk mengambil Will sebagai klien. Antara konselor pertama dan kedua dalam film ini terjadi pertengkaran tentang masa depan klien. Klien sengaja menyaksikan dari argumen marah entah bagaimana bertindak sebagai katalis untuk keputusannya untuk memasuki tingkat yang lebih dalam kepercayaan dan berbagi dengan konselor kedua. Klien tampaknya telah menyadari dari peristiwa ini bahwa situasi ini sedikit lebih kompleks.
Jenis konseling yang terdapat pada film tersebut adalah Konseling individu, dimana satu konselor hanya menangani masalah satu klien dan berusaha untuk mencari tahu tentang masalah yang dihadapi klien. Konseling individual adalah proses belajar melalui hubungan khusus secara pribadi dalam wawancara antara seorang konselor dengan seorang klien. Klien mengalami kesukaran pribadi yang tidak dapat dipecahkan sendiri , kemudian ia meminta bantua konselor sebagai petugs yang professional dalam jabatannya dengan pengetahuan dan ketarampilan psikologi . konseling ditujukan pada individu yang normal , yang menghadapi kesukaran dalam mengalami masalah pendidikan , pekerjaan dan social dimana ia tidak dapat memilih dan memutuskan sendiri. Dapat disimpulkan bahwa konseling hanya ditujukan pada individu-individu yang sudah menyadari kehidupan pribadinya.

Ciri – ciri konselor yang baik dan efektif menurut Baruth dan Robinson III (1987), menyebutkan beberapa karakteristik konselor yang efektif sebagai berikut :
  • Terampil “menjangkau” (reaching out) kliennya.
  • Mampu menumbuhkan perasaan percaya, kredibilitas dan yakin dalam diri orang yang akan dibantunya.
  • Mampu “menjangkau” kedalam dan keluar.
  • Berkeinginan mengkomunikasikan caring dan respek untuk orang yang sedang dibantunya.
  • Menghormati diri sendiri dan tidak menggunakan orang yang sedang dibantunnya sebagai sarana untuk memuaskan kebutuhannya sendiri.
  • Mempunyai sesuatu pengetahuan dalam bidang tertentu yang akan mempunyai makna khusus bagi orang yang dibantunya.
  • Mampu memahami tingkah laku orang yang akan dibatunya tanpa menerapkan value judgments.
  • Mampu melakukan penalaran secara sistematis dan berpikir dalam kerangka system.
  • Tidak ketinggalan zaman dan memiliki pandangan luas tentang hal-hal yangterjadi di dunia.
  • Mampu mengidentifikasi pola-pola tingakh laku yang self-defeating, yang merugikan dan membantu orang lain mengubah pola tingkah laku nyang merugikan dan membantu orang lain mengubah pola tingkah laku yang merugikan diri sendiri ini menjadi pola tingkah laku yang lebih memuaskan.
  • Terampil membantu orang lain untuk “melihat” ke dalam dirinya sendiri dan bereaksi secara tidak detensif terhadap pertanyaan “Siapakah saya?”
  • Hackney dan Cormier menyebutkan karakteristik seorang konselor :
  • Kesadaran tentang diri (self-awareness) dan pemahaman diri sendiri.
  • Kesehatan psikologi yang baik.
  • Sensitivitas terhadap dan pemahan tentang faktor-faktor rasial, etnik dan budaya dalam diri sendiri dan orang lain.
  • Keterbukaan (open-mindedness).
  • Objektivitas : Mengacu pada keampuan untuk melibatkan diri dengan klien disatu pihak, tetapi juga pada saat yang bersamaan berdiri di kejauhan dan melihat dengan akurat apa yang terjadi dengan kliennya dan hubungannya.
  • Kompetensi : Tuntuan seorang konselor mempunyai pengetahuan, informasi dan keterampilan untuk membantu.
  • Dapat dipercaya (trustworthiness) : Termasuk didalamnya adalah kualitas-kualitas konselor seperti reliabilitas, tanggung jawab, standar etik, prediktabilitas.
  • Interpersonal attractiveness.
Ciri – ciri konselor tersebut hampir sama dengan ciri-ciri konselor (Sean) pada film tersebut saat menangani masalah klien (Will).
Jenis – jenis bakat seorang manusia menurut tokoh Thurstone :
1.      Bakat Verbal ( V ) : pemahaman akan hubungan kata, kosakata, dan penguasaan komunikasi lisan.
2.      Bakat Numberik ( N ) : kecermatan dan kecepatan dalam penggunaan fungsi – fungsi hitung dasar.
3.      Bakat Spatial ( S ) : kemampuan mengenali berbagai hubungan dalam bentuk visual.
4.      Bakat Word Fluency ( W ) : kemampuan mencermati dengan cepat kata – kata tertentu.
5.      Bakat Memory ( M ) : kemampuan mengingat gambar, pesan, angka, kata – kata dan bentuk pola.
6.      Bakat Reasoning ( R ) : kemampuan mengambil kesimpulan.
Jenis bakat yang dimiliki oleh klien (Will) termasuk bakat Genius, karena merujuk pada masalah, Will mampu memecahkan suatu teori matematika yang ditulis oleh Prof. Gerrald yang sebetulnya dikhususkan untuk mahasiswanya. Tetapi, setelah diketahui bahwa yang mengerjakan soal tersebut bukanlah mahasiswa dari kampus tersebut. Namun tidak ada yang tahu siapa orang pintar yang memecahkan masalah itu. Hingga akhirnya secara tak sengaja, Prof.Gerald, memergoki Will tengah menyelesaikan soal lain di papan tulis koridor kampus. Will yang kepergok langsung memutuskan berhenti bekerja.
Demikian analisis yang saya lakukan, bila ada kesalahan dalam penulisan, saya mohon maaf yang sebesar – besarnya. Kritik dan saran yang bersifat membangun saya harapkan demi perbaikan analisis ini.

3 komentar: