RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SD Negeri Baleturi I
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester : VI ( Enam ) / I ( Satu )
Materi Pokok :
Konduktor dan Isolator Panas
A. Benda Konduktor dan Isolator Panas
Alokasi Waktu :
2 15 Menit ( 1Pertemuan
)
Standar Kompetensi :
5.
Memahami saling hubungan antar suhu,
sifat hantaran dan kegunaan benda.
Kompetensi
Dasar :
5.1
Membandingkan sifat kemampuan
menghantarkan panas dari berbagai benda.
I.
Indikator
a. Kognitif
5.1.1
Membedakan arti konduktor dan isolator
panas.
b. Psikomotor
5.1.2
Melakukan percobaan untuk menyelidiki
benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas.
5.1.3
Menggolongankan benda yang bersifat
sebagai konduktor atau isolator panas.
c. Afektif
5.1.4
Rasa ingin tahu ( Menunjukkan sikap
bersungguh – sungguh bagaimana cara menggolongan benda konduktor dan benda
isolator panas).
5.1.5
Ketelitian ( Menunjukkan sikap teliti
dalam membedakan sifat benda konduktor dan isolator panas).
5.1.6
Mandiri ( Berusaha menggolongan benda
yang termasuk dalam kategori konduktor dan isolator panas tanpa dibantu oleh
temannya).
5.1.7
Kreatif ( Berusaha menunjukkan benda
yang tergolog konduktor dan isolator panas ).
II.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, siswa
dapat :
Ø Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang
benda.
Ø Siswa
dapat Memahami sifat-sifat benda yang
berhubungan dengan panas yang diterima benda tersebut.
Ø Siswa
dapat Membedakan sifat benda konduktor
dan isolator panas.
Ø Siswa
dapat Menjawab soal pada lembar
kegiatan.
Ø Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang
benda.
Ø Siswa
dapat Menyebutkan beberapa benda yang
tergolong konduktor.
Ø Siswa
dapat Menyebutkan beberapa benda yang
tergolong isolator .
III.
Materi
Pembelajaran
a.
Pengertian benda konduktor dan isolator
panas.
b.
Sifat – sifat benda koduktor dan
isolator panas.
c.
Membedakan sifat benda konduktor dan
isolator panas.
d.
Contoh benda yang tergolong dalam
konduktor dan isolato panas.
IV.
Model
/ Metode Pembelajaran
Model :
Cooperative Learning ( CL )
Pendekatan :
Student Centered Approach
Metode :
Ceramah, Tanya jawab, Simulasi / Latihan praktek, dan
Metode permainan.
V.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan
( Skenario Pembelajaran )
|
Nilai
Budaya dan Karakter Bangsa
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan salam , Siswa
menjawab salam.
·
Guru menunjuk ketua kelas untuk
memimpin do’a.
·
Guru mengecek kehadiran siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
·
Apersepsi :
Siapa yang tahu tentang arti benda
konduktor dan isolator panas?
|
·
Religius
·
Kedisiplinan
|
5 Menit
|
Kegiatan Inti
|
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep
tentang benda koduktor dan isolator panas.
F Memahami
sifat-sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima benda tersebut.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membedakan sifat benda konduktor dan isolator panas.
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
·
Rasa Ingin Tahu
·
Rasa Ingin Tahu
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Ketelitian
·
Tanggung jawab
·
Mandiri dan Kreatif
·
Tanggung jawab
·
Tanggung jawab, dan mandiri
·
Rasa Ingin Tahu
|
|
Penutup
|
·
Menarik kesimpulan bahwa konduktor
adalah benda yang dapat menghantarkan panas dan isolator adalah benda yang
tidak dapat menghantarkan panas.
·
Guru memberikan pekerjaan rumah (
PR ) kepada siswa.
·
Guru member nasihat kepada siswa.
·
Guru meminta ketua kelas untuk
memimpin berdo’a sebelum pulang.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran
dengan salam.
|
·
Religius
|
|
VI.
Sumber
dan Media Pembelajaran
a.
Sumber :
Internet, LKS kelas IV, buku-buku referensi yang relevan.
b.
Media :
Lilin, korek api, lidi, kawat, sendok logam, sendok plastik,
pensil, ranting kayu,
benda-benda lain.
VII.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Tes Tulis.
b.
Tes Lisan.
c.
Unjuk Kerja
d.
Unjuk Sikap.
2.
Bentuk Instrumen
a.
Instrumen dan uji petik kerja prosedur
Rubrik
No
|
Aspek
|
Skor Maksimal
|
Skor Perolehan Siswa
|
1
|
Ketepatan dalam
membedakan arti konduktor dan isolator panas.
|
3
|
|
2
|
Ketepatan dalam melakukan percobaan
untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas.
|
3
|
|
3
|
Kebenaran dalam
menggolongkan benda konduktor dan isolator panas.
|
3
|
|
|
Jumlah
|
9
|
|
Nilai Akhir (NA) : (Jumlah
skor perolehan siswa : jumlah skor maksimal) x 100
b.
Uraian
Apa saja benda yang termasuk dalam
konduktor dan isolator panas ?
Kunci :
KONDUKTOR
|
ISOLATOR
|
1.
Kawat
2.
Sendok
3.
Logam
|
1.
Sendok plastik
2.
Ranting kayu
3.
Lidi
|
Skor : 4
c.
Pilihan ganda
Dari
beberapa benda berikut yang termasuk konduktor adalah …
a.
Sendok alumunium
b.
Sendok plastik
c.
Sapu lidi
d.
Kertas
Kunci : A
Skor : 2
NGANJUK,
17 MEI 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN Baleturi I
___________________________
NIP :
|
Guru Kelas VI
SDN Baleturi I
__________________________
NIP :
|
LAMPIRAN
1
RINGKASAN
MATERI
A.
Pengertian
Panas
Peristiwa yang melibatkan panas sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya api unggun pada kegiatan persami untuk menghangatkan badan anggota pramuka serta sebagai penerang kegelapan malam untuk mengadakan kegiatan. Malam yang pada mulanya terasa sangat dingin menjadi terasa panas. Dari mana panas itu? Panas itu berasal dari bahan bakar dalam hal ini terjadi perubahan kimia dari kayu bakar menjadi energi panas.
Energi
panas atau disebut panas saja, sebenarnya merupakan suatu bentuk energi yang
dapat berpindah. Panas dapat mengakibatkan benda-benda menjadi panas atau
dingin. Suatu benda menjadi lebih panas jika panya ditambahkan panas.
Sebaliknya, suatu benda menjadi lebih dingin jika kehilangan panas.
B.
Perpindahan Panas
Kamu tentu pernah melihat sayur sedang dimasak. Pada peristiwa itu, sayur dapat masak karena mendapatkan panas api melalui proses berurutan. Pertama, api kompor menghantarkan panasnya ke panci sehingga panci menjadi panas. Kedua, panas dari air dihantarkan ke sayuran yang dimasak. Peristiwa itu menunjukkan bahwa panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lain.
Perpindahan
panas dari suatu benda ke benda lain terjadi apabila terdapat perbedaan suhu di
antara kedua benda. Panas mengalir atau berpindah dari benda yang suhunya
tinggi ke benda yang suhunya rendah. Proses ini berlangsung secara terus
menerus sampai suhu kedua benda menjadi seimbang. Ada 3 cara perpindahan panas
:
1. Konduksi (hantaran)
1. Konduksi (hantaran)
Pada saat
kamu memasukkan sendok ke dalam segelas air panas. Apa yang kamu rasakan?
Lama-lama sendok terasa panas. Hal ini terjadi karena perpindahan panas pada
benda padat akibat dari perbedaan suhu sepanjang benda padat. Pada saat terjadi
konduksi bagian-bagian benda tidak berpindah.
2. Konveksi (aliran)
Coba
perhatikan saat kacang hijau direbus untuk dijadikan bubur. Kacang hijau
bergerak naik turun dalam gerak membulat. Gerakan berputar kacang hijau karena
adanya konveksi panas dalam air yang direbus. Konveksi adalah proses
perpindahan panas yang terjadi pada benda yang dapatr mengalir, yaitu benda
cair dan gas. Pada proses ini perpindahan disertai perpindahan bagian-bagian
benda.
Saat air
direbus dalam panci dengan memanaskan bagian bawah panci, air didasar panci
akan menjadi panas. Air ini bergerak naik. Air yang lebih dingin di bagian atas
akan turun menggantikan tempat air panas yang naik. Kejadian ini berlangsung
terus menerus dan mengakibatka kacang hijau bergerak naik turun.
Dengan cara
demikian panas dipindahkan dari satu bagian ke bagian yang lain dalam air.
3. Radiasi (pancaran)
3. Radiasi (pancaran)
Perpindahan
panas secara radiasi dapat dikatakan istimewa. Tidak seperti konduksi dan
konveksi, radiasi berlangsung tanpa melalui benda (zat perantara). Dengan
proses radiasi panas dapat berpindah menembus ruang vakum (tanpa udara).
Contohny perpindahan panas matahari ke bumi. Contoh lain adalah perpindahan
panas api unggun ke tubuh kita dan perpindahan panas lampu listrik yang menyala
ke tubuh kita.
C.
Konduktor dan Isolator
Sifat-sifat
panas di atas dapat menambah pengetahuan kita dalam memanfaatkan benda-benda
yang berpengaruh panas. Apakah semua benda dapat menghantarkan panas?
Kamu tentu pernah memperhatikan alat-alat masak yang biasa digunakan ibu di dapur. Alat-alat tersebut biasanya dibuat dari logam, misalnya aluminium atau besi baja. Pada bagian pegangan alat biasanya dibuat dari plastik. Mengapa digunakan logam untuk membuat alat masak dan plastik/kayu untuk pegangannya?
Logam pada umumnya dapat menghantarkan panas dengan baik. Bahan ini memungkinkan panas bergerak dengan mudah dan cepat melaluinya. Dengan demikian, panas dari api cepat mengalir ke masakan.. Bahan seperti ini dikatakan sebagai konduktor (penghantar).
Kamu tentu pernah memperhatikan alat-alat masak yang biasa digunakan ibu di dapur. Alat-alat tersebut biasanya dibuat dari logam, misalnya aluminium atau besi baja. Pada bagian pegangan alat biasanya dibuat dari plastik. Mengapa digunakan logam untuk membuat alat masak dan plastik/kayu untuk pegangannya?
Logam pada umumnya dapat menghantarkan panas dengan baik. Bahan ini memungkinkan panas bergerak dengan mudah dan cepat melaluinya. Dengan demikian, panas dari api cepat mengalir ke masakan.. Bahan seperti ini dikatakan sebagai konduktor (penghantar).
Sebaliknya
plastik atau kayu sulit menghantarkan panas. Di dalam bahan ini panas tidak
dapat bergerak melaluinya dengan cepat. Dengan demikian saat alat digunakan
kita dapat memegang bagian pegangan tanpa merasa panas. Plastik dan kayu
dikatakan sebagai isolator panas (penghambat). Contoh-contoh lain isolator
panas adalah kertas, kain dan gabus.
Benda yang
bersifat konduktor jika disentuh terasa dingin. Rasa dingin timbul karena benda
mengalirkan panas ke luar badan dengan cepat. Sebaliknya, benda yang bersifat
isolator tidak terasa dingin kalau disentuh. Kejadian ini karena bahan isolator
tidak mengalirkan panas ke luar badan.
Selain
logam, di alam terdapat bahan-bahan lain yang juga dapat menghantarkan
panas(konduktor). Namun, kemampuannya dalam menghantarkan panas tidak sebaik
logam. Baha-bahan itu misalnya kaca, air dan udara.
Bahan konduktor dan isolator sangat berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut kegunaan-kegunaan bahan konduktor dan isolator adalah:
1.
Kegunaan Bahan Konduktor
Manusia
menggunakan bahan konduktor untuk memindahkan panas dengan cepat. Selain itu
juga untuk mendinginkan benda dengan lebih cepat.
Alat-alat
memasak seperti panci dan penggorengan dibuat dari aluminium, baja atau teflon.
Dengan demikian, panas dapat dialirkan dengan cepat dari api ke masakan.
Kumparan atau lilitan radiator di bagian belakang lemari esdibuat dari tembaga. Alasannya, agar panas dapat cepat dialirkan dari lemari es ke udara sekelilingnya.
Kumparan atau lilitan radiator di bagian belakang lemari esdibuat dari tembaga. Alasannya, agar panas dapat cepat dialirkan dari lemari es ke udara sekelilingnya.
2. Kegunaan Bahan Isolator
Bahan
isolator digunakan untuk memperlambat kehilangan dan penambahan panas pada
suatu benda. Berikut beberapa pemanfaatan bahan isolator dalam kehidupan
manusia.
a. Pegangan panci, penggorengan dan setrika dibuat atau
dilapisi plastik atau kayu. Jadi saat digunakan alat-alat itu tidak panas pada
pegangannya.
b. Masakan panas dalam wadah diberi alas kain sewaktu
diletakkan di meja agar meja tidak rusak karena panas.
c. Pipa uap panas di pabrik-pabrik dibalut dengan asbes
untuk mengurangi keluarnya panas dari uap ke udara sekeliling.
d. Termos
Termos adalah wadah yang dapat mempertahankan suhu benda didalamnya. Artinya, termos mempertahankan benda panas tetap panas dan benda dingin tetap dingin.
Termos adalah wadah yang dapat mempertahankan suhu benda didalamnya. Artinya, termos mempertahankan benda panas tetap panas dan benda dingin tetap dingin.
LAMPIRAN
2
LEMBAR
KERJA SISWA
Tugas
Kelompok 1
Bentuklah sebuah
kelompok kecil beranggotakan 3–4 orang anak.
Selanjutnya,
lakukan kegiatan berikut ini. Jalinlah kerja sama yang baik. Alangkah
baiknya jika
kalian menunjuk ketua dalam kelompok. Diskusikanlah hasil pengamatan
kalian
bersama-sama.
Tujuan
Siswa mampu
membedakan sifat benda, yaitu konduktor dan isolator.
Alat dan Bahan
• Lilin
|
• Ranting
pohon
|
• Korek Api
|
• Paku
|
• Lidi
|
• Kawat
|
• Pensil
|
• Sendok
|
• Bambu
|
• Kaca
|
Langkah-langkah
1. Nyalakan
lilin dengan korek api.
2. Panaskan
salah satu ujung pensil dengan nyala lilin tersebut sekitar 15 detik.
Setelah itu,
pegang ujung pensil tersebut dengan tanganmu. Apakah tanganmu
merasa panas?
3. Lakukan hal
yang sama untuk benda-benda yang lain (lidi, bambu, ranting,
paku, kawat,
sendok, kaca).
4. Segera
singkirkan benda dari nyala api jika tanganmu mulai terasa panas.
5. Salin tabel berikut ini di buku
tugasmu, kemudian lengkapilah tabel tersebut.
No
|
Nama
Benda
|
Panas
( Konduktor )
|
Tidak
panas ( Isolator )
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
Pensil
Lidi
Bambu
Ranting
Paku
Kawat
Sendok
Kaca
|
|
Ö
|
Berilah tanda ( Ö
)
pada kolom yang sesuai.
6. Benda apa
sajakah yang menghantarkan panas?
7. Benda apa
sajakah yang tidak menghantarkan panas?
Catatan:
• Untuk
melakukan percobaan ini, hendaknya di bawah pengawasan gurumu.
• Jika di antara benda di atas ada
yang terbakar, segeralah matikan api.
Tugas
Kelompok 2
Sekarang,
kalian sudah mengetahui perbedaan antara konduktor panas dan isolator panas
beserta contohnya. Coba, kalian mengamati berbagai benda yang ada di rumah dan
di sekolah. Selanjutnya, tulislah benda-benda yang termasuk konduktor panas dan
benda-benda yang termasuk isolator panas. Kemudian tulislah dalam bentuk table
serta tulislah pula kegunaan dari benda-benda tersebut. Ayo, kalian kerjakan
bersama teman sebangku kalian, kemudian kemukakan hasil diskusi kalian di depan
kelas
Tabel Jenis Benda
Konduktor dan Isolator dalam Lingkungan
Sekolah dan Lingkungan
Rumah
No
|
Nama
Benda
|
Jenis
Benda
|
Kegunaan
Benda
|
|
Konduktor
|
Isolator
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN
3
LATIHAN SOAL
A.
Berilah
tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d sesuai dengan jawaban yang kamu
pilih.
1.
Pernyataan yang benar tentang panas
ialah …
a.
Dapat berpindah
b.
Energi yang akan hilang
c.
Tidak dapat berpindah
d.
Energi yang tidak dapat diterima oleh
logam
2.
Perpindahan panas dari satu benda
kebenda lain yaitu …
a.
Perambatan
b.
Konduktor
c.
Konduksi
d.
Isolasi
3.
Konduktor panas adalah benda yang …
a.
Tidak dapat menghantarkan panas
b.
Dapat menghantarkan panas
c.
Tetap dingin jika terkena panas
d.
Mengeluarkan cahaya jika terkena panas
4.
Benda berikut yang bukan konduktor panas, adalah …
a.
Wajan
b.
Panci
c.
Sendok alumunium
d.
Sendok plastik
5.
Pengertian dari isolator panas yang
tepat adalah …
a.
Benda – benda yang dapat menghantarkan
panas
b.
Benda – benda yang tidak dapat
menghantarkan panas
c.
Benda – benda yang dapat melebaskan
panas
d.
Benda – benda yang tidak dapat menerima
panas
6.
Benda berikut yang termasuk isolator
panas adalah …
a.
Pisau
b.
Kunci
c.
Penggaris plastik
d.
Gunting alumunium
7.
Termos memanfaatkan sifat benda berupa …
a.
Isolator panas
b.
Konduktor panas
c.
Konduksi panas
d.
Isolasi panas
8.
Air panas dituangkan pada gelas kaca,
gelas plastik, mug, dan cerek aluminium dengan jumlah yang sama. Benda yang
akan membuat air paling lama dingin dalam waktu yang sama adalah ....
a.
Gelas kaca
b.
Gelas plastik
c.
Mug
d.
Cerek alumunium
9.
Dini sedang membuat teh manis dengan air
panas. Ia idak dapt meminumnya langsung, tetapi harus didiamkan beberapa saat
agar air tidak terlalu panas. Hal tersebut karena …
a.
Terjadi perpindahan panas dari udara ke
air
b.
Terjadi perpindahan panas dari air ke
udara langsung dan dari air ke gelas
c.
Terjadi perpindahan panas dari gula ke
air
d.
Panas air terserap oleh gula
10. 1. Penggaris besi 3. Pensil
2.
Kain 4.
Garpu
Benda – benda diatas
yang termauk konduktor adalah …
a.
1 dan 2
b.
2 dan 3
c.
3 dan 4
d.
1 dan 4
B.
Isilah
titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan jelas !
1.
Panci, wajan, penggaris besi termasuk
benda …
2.
Benda yang dapat menghantarkan panas
adalah …
3.
Alat untuk menyimpan air panas agar
tahan lama adalah …
4.
Kayu, gabus dan penggaris plastik
termasuk benda …
5.
Benda – benda yang tidak dapat
menghantarkan panas disebut …
6.
Baja dapat menghantarkan panas lebih
baik karena itu baja termasuk benda ...
7.
Ruang hampa udara pada termos bertujuan
untuk …
8.
Permukaan bagian bawah panci terbuat
dari bahan yang bersifat …
9.
Pegangan pada setrika terbuat dari bahan
yang memiliki sifat …
10. Bagian
luar termos umumnya terbuat dari …
C.
Jawablah
pertanyaan – pertanyaan berikut ini !
1.
Apa yang dimaksud konduktor dan isolator
panas ?
2.
Mengapa air panas didalam termos tidak
cepat dingin ?
3.
Sebutkan masing – masing 3 contoh
konduktor dan isolator panas !
4.
Mengapa semua logam disebut konduktor ?
5.
Apa yang dimaksud konveksi dan radiasi !
LAMPIRAN
4
KUNCI
JAWABAN DAN NILAI
A.
Pilihan
Ganda
No
|
Jawaban
|
Nilai / Score
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
A
D
B
D
B
C
A
D
B
D
|
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
Total
|
20
|
B. ISIAN
No
|
Jawaban
|
Nilai / Score
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Konduktor panas
Konduktor
Termos
Isolator panas
Isolator
Konduktor panas
Mengurangi hilangnya panas
Konduktor panas
Isolator panas
Plastik
|
3
3
3
3
3
3
3
3
3
3
|
Total
|
30
|
C. Uraian
No
|
Jawaban
|
Nilai / Score
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Konduktor : Benda – benda yang
menghantarkan panas.
Isolator : Benda – benda yang tidak
dapat menghantarkan panas.
Karena termos memiliki ruang hampa
udara yang berfungsi sebagai memperlambat hilangnya panas air dalam termos
tersebut.
Konduktor panas : Wajan, setrika,
sendok alumunium.
Isolator panas : Sendok plastik,
Gagang setrika, Termos air panas.
Karena logam memiliki sifat yang dapat
menghantarkan panas dengan baik.
Konveksi
adalah proses perpindahan panas yang terjadi pada benda yang dapatr mengalir,
yaitu benda cair dan gas.
Radiasi adalah perpindahan panas yang
berlangsung tanpa melalui benda atau zat perantara.
|
10
10
10
10
10
|
Total
|
50
|
LAMPIRAN
5
PERBAIKAN
A. Jawablah pertanyaan berikut ini !
1.
Apakah yang dimaksud konduktor panas ?
2.
Apakah yang dimaksud isolator panas ?
3.
Sebutkan benda – benda yang tergolong
isolator panas !
4.
Sebutkan benda – benda yang tergolong
konduktor panas !
5.
Apa yang dimaksud dengan perpindahan
panas secara konveksi !
PENGAYAAN
B. Jawablah pertanyaan berikut ini !
1.
Apa pengertian dari perpindahan panas
secara radiasi !
2.
Contoh – contoh perpindahan panas secara
radiasi !
3.
Contoh – contoh perpindahan panas secara
konveksi !
4.
Apa pengertian dari perpindahan panas
secara konduksi !
5.
Contoh – contoh perpindahan panas secara
konduksi !
JAWABAN
PERBAIKAN
1.
Benda konduktor panas adalah benda yang
dapat menghantarkan panas. (Score 10)
2.
Benda Isolator panas adalah benda yang
tidak dapat menghantarkan panas.
(Score 10)
3.
Plastik, gagang setrika, kayu. (Score
10)
4.
Wajan, besi, sendok alumunium. (Score
10)
5.
Konveksi adalah
proses perpindahan panas yang terjadi pada benda yang dapatr mengalir, yaitu
benda cair dan gas. (Score 10)
PENGAYAAN
1.
Radiasi adalah perpindahan panas yang
berlangsung tanpa melalui benda atau zat perantara. (Score 10)
2.
Contoh radiasi adalah perpindahan panas
matahari ke bumi.(Score 10)
3.
Contoh konveksi adalah Saat air direbus dalam panci dengan memanaskan bagian
bawah panci, air didasar panci akan menjadi panas. Air ini bergerak naik. Air
yang lebih dingin di bagian atas akan turun menggantikan tempat air panas yang
naik. Kejadian ini berlangsung terus menerus dan mengakibatka kacang hijau
bergerak naik turun.
Dengan cara demikian panas dipindahkan dari satu bagian ke bagian yang lain dalam air.(Score 10)
Dengan cara demikian panas dipindahkan dari satu bagian ke bagian yang lain dalam air.(Score 10)
4.
Konduksi adalah peristiwa
perpindahan panas dari zat yang bersuhu tinggi ke zat yang bersuhu rendah
melalui suatu bahan penghantar.(Score 10)
5.
Contoh perpindahan panas
secara konduksi adalah ujung besi dibakar dengan mengunakan bara api dari lilin
atau lampu teplok.(Score 10)
Lembar Penilaian Proses
RUBRIK
PENILAIAN
No
|
Nama
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
Keterangan
|
||||||||
Keaktifan
|
Kerja
Sama
|
pemahaman
|
|||||||||
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bobot
Penilaian :
Baik ( B ) = 85 – 100
Cukup ( C ) = 65 – 84
Kurang ( K ) = 45 – 64
your article i s this very helpful thanks for sharing..............:)
BalasHapusThanks 4 ur article...☆
BalasHapus
BalasHapusThank you, helpful 🙏🙏